Berita

Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah

Jumat, 09 Februari 2018 / Berita

Membaca adalah jendela dunia, namun cukup memprihatinkan kondisi minat baca bangsa Indonesia saat ini, menurut studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, bangsa Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara terkait dengan minat membaca. (edukasi.kompas.com, diakses 29 Agustus 2016).

Untuk meningkatkan minat baca setiap sekolah berusaha untuk membuat beragam kegiatan yang menarik melalui perpustakaan, sehingga angka partisipasi kunjungan ke perpustakaan akan meningkat dari masa ke masa terutama pada budaya membaca buku. Budaya membaca buku harus dilakukan secara bertahap, pertama mengajarkan siswa membaca, lalu membiasakan membaca, hingga menjadi karakter, setelah itu menjadi budaya membaca.

Selain program rutin perpustakaan yang sudah ada untuk memnciptakan budaya membaca perlu ada gerakan atau 'movement', karena efek gerakan akan lebih cepat dibandingkan hanya sekedar program. Efek ini apabila sudah menular akan susah dihentikan, sebab menularnya bukan karena perintah atau dana tapi karena penularan. Gerakan "Literasi Sekolah" yang telah dilakukan melalui perpustakaan di SMK Negeri 2 Depok Sleman perlu didukung oleh semua pihak agar segera terwujud dan terasa efeknya dalam keseharian kita.

Saat ini, Perpustakaan SMK Negeri 2 Depok Sleman memiliki 38.608 koleksi buku, dengan rincian : Fiksi 1.201 buku, Non Fiksi 5.458 buku, buku paket 30.020 buku untuk semua jenjang dan paket keahlian, dan 1.608 judul buku digital.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, pengelola perpustakaan masih membuka diri untuk bantuan atau sumbangan buku yang tidak mengikat, terutama untuk fiksi dan referensi yang masih dirasa kurang. Penyerahan dan pengumpulan buku dapat langsung dikumpulkan melalui petugas administrasi perpustakaan bp.Nasirudin - 081903733572.

Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu meningkatkan kemampuan peserta didik melalui perpustakaan dengan program "Literacy Sekolah". (ek)

    Kirim Komentar

    Artikel Terkait

    Rabu, 01 Agustus 2018
    Dinas Pendidikan & Olah Raga Daerah Istimewa Yogyakart menyelenggarakan kemah klinik sains SMK Tahun 2018 di Griya Persada Convention Hotel & Resort pad
    Jumat, 09 Februari 2018
    Membaca adalah jendela dunia, namun cukup memprihatinkan kondisi minat baca bangsa Indonesia saat ini, menurut studi "Most Littered Nation In the Worl
    Sabtu, 03 Maret 2018
    Sabtu pagi, 03 Maret 2018 SMK NEGERI 2 DEPOK mengadakan acara penguatan pendidikan karakter yaitu latihan manasik haji bagi siswa kelas 11. Kegitan ini diinisia

    SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

    Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
    smkn2depok@yahoo.com
    +62 - 274 - 513515