Sejarah

Pada tahun 1970/1971 pemerintah dengan program pembangunan lima tahun kesatu (PELITA 1) berpikir untuk membentuk suatu lembaga sekolah teknik tingkat menengah, oleh karenanya diadakan suatu proyek dengan nama “Proyek Perintis Sekolah Teknologi Menengah Pembangunan” dengan masa studi lebih lama dibanding standar SMU atau SMK lainya, yaitu butuh waktu 4 tahun untuk bersekolah di STM Pembangunan.

stmpembangunan

Sebanyak 8 STM Perintis Pembangunan yang diadakan melalui Proyek Perintis, pada saat ini bernama :

  1. SMKN 26 Jakarta berdiri th 1971
  2. SMKN 7 Semarang berdiri th 1972
  3. SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta berdiri th 1972
  4. SMKN 5 Surabaya berdiri th 1973
  5. SMKN 5 Makassar berdiri th 1973
  6. SMKN 1 Cimahi Bandung  berdiri th 1973
  7. SMKN 3 Pekalongan berdiri th 1973
  8. SMKN 1 Temanggung berdiri th 1973

Setelah dibangun 8 STM Perintis Pembangunan, kemudian pada tahun 1974 selesai dibangun 4 sekolah menengah dengan nama STM Teknologi Menengah Pertanian yang berlokasi di :

  • Jember , Jawa Timur
  • Boyolali , Jawa Tengah
  • Tangerang , Banten
  • Metro , Lampung Tengah

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Depok adalah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini, dahulu bernama STM Negeri Pembangunan Yogyakarta atau dikenal dengan singkatan STEMBAYO, diresmikan pada tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto, dengan lima jurusan yaitu :

  1. Mesin Umum dan Konstruksi
  2. Listrik Arus Kuat dan Lemah
  3. Sipil Basah dan Bangunan
  4. Kimia Industri
  5. Geologi Tambang

Pada saat Tahun Ajaran baru Januari 1972, Kompleks Sekolah yang terletak di Mrican Yogyakarta, belum selesai secara sempurna baik dari bangunan fisik dan peralatan belajar. Pada saat awal penerimaan siswa pertama tidak dilakukan di Kampus STM pembangunan Mrican, akan tetapi dilakukan di STM Negeri 1 Jetis .

Siswa angkatan pertama yang berasal dari wilayah sekitar Yogyakarta dan beberapa dari luar daerah, langsung melaksanakan proses belajar mengajar dengan peralatan yang paling lengkap dizamannya  hingga saat ini dan siswa secara intensif belajar mengajar selama 4 tahun.

Setelah tahun 1985 nama “perintis” sudah tidak digunakan lagi sehingga sejak tahun 1986 kedelapan sekolah tersebut berubah nama menjadi “STM N Pembangunan”.

Nama STEMBAYO tercetus pada tahun kedua sejak berdirinya sekolah yaitu tahun 1973. Untuk keperluan kegiatan ekstra kurikuler pada saat itu sekelompok siswa pecinta alam mendirikan perkumpulan Camille Papasektembayo (Putra Pecinta Alam STM Pembangunan Yogyakarta) yang selanjutnya secara lebih mudah mereka menyebut Pecinta Alam STEMBAYO.

Nama ini diketahui oleh pengelola sekolah, sehingga istilah STEMBAYO lebih dikenal dan familiar untuk sebutan STM Pembangunan Yogyakarta hingga sekarang. Organisasi sejenis diantaranya Pepeal STEMBAYO.

Bersamaan dengan tercetusnya nama STEMBAYO, diciptakan juga lagu Mars STM Pembangunan yang saat ini dikenal yang diciptakan oleh Sdr. Almarhum Sudarto, SPd. setelah terpilih dalam lomba cipta lagu mars STM Pembangunan yang diikuti oleh perwakilan STM Pembangunan seluruh Indonesia. Almarhum Sudarto, SPd. adalah alumni angkatan ke 2 (1973) STM Pembangunan Yogyakarta atau lebih dikenal STEMBAYO.

Pada tanggal 7 Maret 1997 dengan Keputusan Mendikbud No. 036/O/1997, nama sekolah ini berubah menjadi SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta.

Dari segi fasilitas, SMK Negeri 2 Depok memiliki gedung sekolah bagi setiap jurusan, sarana praktik, dua lokasi tempat parkir (bagi guru dan bagi siswa), auditorium, lab bahasa, kantin yang dinyatakan sebagai kantin terbaik antara SMA/SMK di Kabupaten Sleman, masjid, ruang sidang, gedung-gedung dan ruangan untuk berbagai subsekbid (organisasi-organisasi dibawah OSIS SMK Negeri 2 Depok Sleman.

Pada 1 Oktober 2016, SMK Negeri 2 Depok Sleman beralih dibawah kewenangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, dan mulai tahun ajaran 2017/2018 spektrum kurikulum mengalami perubahan jenjang pendidikan yaitu 3 tahun dan 4 tahun.

SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
smkn2depok@yahoo.com
+62 - 274 - 513515